Hungry
dog
Ø Bahan
: bola plastik, untuk hiasan dari mika, mesin dilapisi plastik, kranjang dari
plastik berbentuk anjing, panel skor, lampu warna-warni, layar (LCD).
Ø Tipe
permainan : Sport Game
Ø Cara
memainkan : pertama masukkan 1 koin kedalam kotak koin yang sudah disediakan.
Kedua bola-bola plastik akan keluar dari mesin. Ketiga masukkanla/lemparkanlah
sebanyak mungkin bola-bola plastik kedalam keranjang yang berbentuk mulut
anjing. Nilai akan muncul sesuai banyaknya bola yang masuk dalam keranjang.
Keempat akan muncul tiket sebanyak yang ia menangkan.
Ø Tekstur:
plastik yang keras untuk mesinnya, keranjang terbuat dari plastik yang keras,
untuk bola menggunakan plastik yang lunak.
Ø Untuk
usia : ± 3 tahun – 7 tahun.
Ø Manfaat
dari permainan hungry dog :
·
Dapat merangsang perkembangan
pertumbuhan anak secara fisik, kognitif dan afeksi. Fisik à untuk
merangsang perkembangan motorik kasar pada anak. Dalam permainan ini ditekankan
pada cara melempar bola kekeranjang,
melempar bola menggunakan otot besar yaitu otot tangan. Apabila permainan ini
sering dilakukan anak, perkembangan motorik kasar anak akan terlatih. Kognitif à memprediksikan
jarak dan cara untuk melempar bola agar tepat sasaran. Afeksi àanak merasa
senang jika dapat memasukkan bola, anak juga akan merasa kecewa jika anak tidak
memasukkan bola dengan rasa kecewa tersebut anak akan mencoba-mencoba terus
sampai anak berhasil memasukkan semua bola kekeranjang.
·
Melatih anak untuk fokus pada
sasaran.hal ini dapat dilihat dari tugas anak memasukkan bola dalam keranjang,
anak harus fokus melihat keranjang dan mengira ketepatan bola untuk masuk
kekeranjang.
Ø Kekurangan:
tekstur keras dari mesin permainan ini dapat membahayakan anak saat dia melompat-lompat
atau berlari. Permainan ini memiliki tantangan yang sedikit jadi mudah membuat
anak bosan dengan permainan ini.
Let’s
Dance mini
Ø Bahan
:2 besi untuk pegangan , 3 telapak kaki dari mika, mesin yang dilapisi plastik
dan besi, layar(LCD), Sound, lampu yang berwarna-warni.
Ø Cara
memainkan : permainan yang mengharuskan pemain melangkah sesuai warna telapak
kaki dan irama, serta kecepatan yang sesuai di layar.
Ø Tekstur:
dari bahan diatas teksturnya keras.
Ø Untuk
usia : ± 7 tahun – 10 tahun
Ø Manfaat
dari permainan let’s dance mini :
·
Secara fisik à Melatih motorik
kasar yaitu otot kaki dan otot tangan. Karena yang banyak bergerak dalam permainan
ini adalah gerak kaki dan tangan sebagai tumpuan pada besi.
·
Dapat sebagai sarana menyalurkan energi yang
berlebihan pada anak yang aktif. Energi anak tersalurkan pada hal yang positif.
Ø Kekurangan:
Kekurangan dalam permainan ini adalah terlalu sulit
untuk anak-anak dalam mengkoordinasikan
antara mata dan kaki serta membutuhkan energi yang banyak dalam permainan ini.
Permainan ini dapat berbahaya bagi anak-anak karena teksturnya yang keras dapat
sewaktu-waktu membuat anak terbentur.
Drum
mania
Ø Bahan
: tongkat kayu, lcd screen, sound system, drum set.
Ø Tipe
permainan : music, repetition, ketepatan, irama.
Ø Rentang
usia : 7 tahun keatas
Ø Cara
memainkan : permainan yang mengharuskan pemain menabuh drum sesuai irama dan
kecepatan yang sesuai di layar.
Ø Manfaat
permainan Drum mania :
·
Dari segi kognitif permainan ini
berfungsi melatih ketepatan berfikir, dan menyelaraskan nada serta melatih
mengkoordinasikan antara mata, tangan, dan kaki. Juga dapat melatih motorik
kasar, terlebih otot pada lengan pemain.
·
Permainan menabuh ini juga dianjurkan
untuk anak ADHD, karena di permainan ini menuntut kecepatan pada level tertentu,
sehingga energi mereka yang berlebih dapat disalurkan.
Ø Kekurangan
pada permainan ini :
Posisi
drum yang terlalu tinggi sehingga akan sulit menabuh jika pemainnya masih
anak-anak.Permainan ini tidak dibatasi jenis kelamin dari pemain. Kekurangan yang
lain adalah tongkat pemukul yang bisa merusak alat permainan lain ketika
disalahgunakan oleh anak-anak.
Dream
catcher
Ø Bahan:
tombol navigasi, boneka, capit elektronik, tabung wadah boneka.
Ø Rentang
usia: 7 tahun keatas
Ø cara
memainkan permainan Dream Catcher : mengarahkan capit ke arah boneka kemudian
memasukkan boneka yang di lubang keluar.Ketepatan mengarahkan capit
sangatdiutamakan di sini, karena kekuatan capitnya sangat lemah dan tekstur
bonekanya sangat lembut, itu yang menjadi kelebihan sekaligus kekurangan.
Ø Manfaat
permainan ini :
·
Secara fisik à
Melatih koordinasi mata dan tangan.
·
Secara kognitif à
Melatih anak untuk membuat stategi yang tepat
Ø Kelebihannya
adalah pemain akan memiliki ketepatan mengarahkan objek yang baik ketika
berhasil menyelesaikan permainan ini,tidak ada pembeda jenis kelamin. Pemain
akan terpacu motivasinya ketika gagal meraih target.
Ø Kekurangan
adalah permainan ini sangat sulit bagi pemain yang masih sangat muda bahkan
yang dewasa sekalipun. Tombol navigasinya tidak sensitif dan hanya sekali
sentuh untuk tiap-tiap tombol.
Dino
Time
Ø Bahan
: Besi, Plastik, dan Karet
Ø Tinggi
: ± 140 cm
Ø Tekstur
Permainan : Keras dan tidak memiliki bahan lunak
Ø Usia
: ± 9 tahun keatas - dewasa
Ø Cara
Permainan :
-
Masukkan 2 koin ke dalam mesin permainan
-
Dalam mesin tersebut terdapat
angka-angka yang tersusun secara melingkar
-
Tiap angka terdapat lampu dan angka
tersebut merupakan jumlah tiket yang akan kita peroleh
-
Ketika lampu angka menyala secara
berurutan (memutar), kita harus menekan salah satu dari dua tombol yang
disediakan yaitu
o
Stop
instantly : menghentikan putaran lampu secara
langsung, saat menekan tombol maka lampu akan langsung mati.
o
Stop
Slowly : Menghentikan putaran lampu dengan lambat, saat
menekan tombol maka lampu akan mati setelah beberapa saat setelah menekannya
-
Usahakan untuk menekan tombol tepat pada
angka tertinggi atau Bonus untuk mendapatkan tiket yang banyak
-
Gunakan tombol yang tepat agar lampu
berhenti pada lampu yang kita inginkan
Ø Manfaat
:
-
Melatih kecepatan dan ketepatan
-
Malatih Konsentrasi
-
Mengembangkan koordinasi antara mata
untuk melihat lampu yang berputar dengan gerakan refleks tangan yang harus
menentukan memakai salah satu tombol
-
Melatih motorik kasar
Ø Kekurangan
:
Permainan ini tidak cocok untuk anak usia dibawah 9
tahun, karena membutuhkan suatu konsentrasi atau fokus untuk mendapatkan angka
tertinggi. Tinggi tombol mencapai 140 cm dan layar yang berisi angka mencapai
175 cm. Jadi terlalu tinggi untuk anak dibawah 140 cm, selain itu terdapat
target untuk mendapatkan tiket yang
banyak. Sedangkan anak-anak biasanya bermain hanya fokus pada kesenangan saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar