Kamis, 18 Juli 2013

OBSERVASI PERMAINAN 'AMAZONE' MOG Malang


Hungry dog
Ø  Bahan : bola plastik, untuk hiasan dari mika, mesin dilapisi plastik, kranjang dari plastik berbentuk anjing, panel skor, lampu warna-warni, layar (LCD).  
Ø  Tipe permainan : Sport Game
Ø  Cara memainkan : pertama masukkan 1 koin kedalam kotak koin yang sudah disediakan. Kedua bola-bola plastik akan keluar dari mesin. Ketiga masukkanla/lemparkanlah sebanyak mungkin bola-bola plastik kedalam keranjang yang berbentuk mulut anjing. Nilai akan muncul sesuai banyaknya bola yang masuk dalam keranjang. Keempat akan muncul tiket sebanyak yang ia menangkan.
Ø  Tekstur: plastik yang keras untuk mesinnya, keranjang terbuat dari plastik yang keras, untuk bola menggunakan plastik yang lunak.
Ø  Untuk usia : ± 3 tahun – 7 tahun.
Ø  Manfaat dari permainan hungry dog :
·         Dapat merangsang perkembangan pertumbuhan anak secara fisik, kognitif dan afeksi. Fisik à untuk merangsang perkembangan motorik kasar pada anak. Dalam permainan ini ditekankan pada cara  melempar bola kekeranjang, melempar bola menggunakan otot besar yaitu otot tangan. Apabila permainan ini sering dilakukan anak, perkembangan motorik kasar anak akan terlatih. Kognitif à memprediksikan jarak dan cara untuk melempar bola agar tepat sasaran. Afeksi àanak merasa senang jika dapat memasukkan bola, anak juga akan merasa kecewa jika anak tidak memasukkan bola dengan rasa kecewa tersebut anak akan mencoba-mencoba terus sampai anak berhasil memasukkan semua bola kekeranjang.
·         Melatih anak untuk fokus pada sasaran.hal ini dapat dilihat dari tugas anak memasukkan bola dalam keranjang, anak harus fokus melihat keranjang dan mengira ketepatan bola untuk masuk kekeranjang.
Ø  Kekurangan: tekstur keras dari mesin permainan ini dapat membahayakan anak saat dia melompat-lompat atau berlari. Permainan ini memiliki tantangan yang sedikit jadi mudah membuat anak bosan dengan permainan ini.



Let’s Dance mini
Ø  Bahan :2 besi untuk pegangan , 3 telapak kaki dari mika, mesin yang dilapisi plastik dan besi, layar(LCD), Sound, lampu yang berwarna-warni.  
Ø  Cara memainkan : permainan yang mengharuskan pemain melangkah sesuai warna telapak kaki dan irama, serta kecepatan yang sesuai di layar.
Ø  Tekstur: dari bahan diatas teksturnya keras.
Ø  Untuk usia : ± 7 tahun – 10 tahun
Ø  Manfaat dari permainan let’s dance mini :
·         Secara fisik à Melatih motorik kasar yaitu otot kaki dan otot tangan. Karena yang banyak bergerak dalam permainan ini adalah gerak kaki dan tangan sebagai tumpuan pada besi.
·         Dapat sebagai sarana menyalurkan energi yang berlebihan pada anak yang aktif. Energi anak tersalurkan pada hal yang positif.
Ø  Kekurangan:
Kekurangan dalam permainan ini adalah terlalu sulit untuk anak-anak dalam  mengkoordinasikan antara mata dan kaki serta membutuhkan energi yang banyak dalam permainan ini. Permainan ini dapat berbahaya bagi anak-anak karena teksturnya yang keras dapat sewaktu-waktu membuat anak terbentur.
Drum mania
Ø  Bahan : tongkat kayu, lcd screen, sound system, drum set.
Ø  Tipe permainan : music, repetition, ketepatan, irama.
Ø  Rentang usia : 7 tahun keatas
Ø  Cara memainkan : permainan yang mengharuskan pemain menabuh drum sesuai irama dan kecepatan yang sesuai di layar.
Ø  Manfaat permainan Drum mania :
·         Dari segi kognitif permainan ini berfungsi melatih ketepatan berfikir, dan menyelaraskan nada serta melatih mengkoordinasikan antara mata, tangan, dan kaki. Juga dapat melatih motorik kasar, terlebih otot pada lengan pemain.
·         Permainan menabuh ini juga dianjurkan untuk anak ADHD, karena di permainan ini menuntut kecepatan pada level tertentu, sehingga energi mereka yang berlebih dapat disalurkan.
Ø  Kekurangan pada permainan ini :
Posisi drum yang terlalu tinggi sehingga akan sulit menabuh jika pemainnya masih anak-anak.Permainan ini tidak dibatasi jenis kelamin dari pemain. Kekurangan yang lain adalah tongkat pemukul yang bisa merusak alat permainan lain ketika disalahgunakan oleh anak-anak.

Dream catcher
Ø  Bahan: tombol navigasi, boneka, capit elektronik, tabung wadah boneka.
Ø  Rentang usia: 7 tahun keatas
Ø  cara memainkan permainan Dream Catcher : mengarahkan capit ke arah boneka kemudian memasukkan boneka yang di lubang keluar.Ketepatan mengarahkan capit sangatdiutamakan di sini, karena kekuatan capitnya sangat lemah dan tekstur bonekanya sangat lembut, itu yang menjadi kelebihan sekaligus kekurangan.
Ø  Manfaat permainan ini :
·         Secara fisik à Melatih koordinasi mata dan tangan.
·         Secara kognitif à Melatih anak untuk membuat stategi yang tepat
Ø  Kelebihannya adalah pemain akan memiliki ketepatan mengarahkan objek yang baik ketika berhasil menyelesaikan permainan ini,tidak ada pembeda jenis kelamin. Pemain akan terpacu motivasinya ketika gagal meraih target.
Ø  Kekurangan adalah permainan ini sangat sulit bagi pemain yang masih sangat muda bahkan yang dewasa sekalipun. Tombol navigasinya tidak sensitif dan hanya sekali sentuh untuk tiap-tiap tombol.

Dino Time
Ø  Bahan : Besi, Plastik, dan Karet
Ø  Tinggi : ± 140 cm
Ø  Tekstur Permainan : Keras dan tidak memiliki bahan lunak
Ø  Usia : ± 9 tahun keatas - dewasa
Ø  Cara Permainan :
-          Masukkan 2 koin ke dalam mesin permainan
-          Dalam mesin tersebut terdapat angka-angka yang tersusun secara melingkar
-          Tiap angka terdapat lampu dan angka tersebut merupakan jumlah tiket yang akan kita peroleh
-          Ketika lampu angka menyala secara berurutan (memutar), kita harus menekan salah satu dari dua tombol yang disediakan yaitu
o   Stop instantly : menghentikan putaran lampu secara langsung, saat menekan tombol maka lampu akan langsung mati.
o   Stop Slowly : Menghentikan putaran lampu dengan lambat, saat menekan tombol maka lampu akan mati setelah beberapa saat setelah menekannya
-          Usahakan untuk menekan tombol tepat pada angka tertinggi atau Bonus untuk mendapatkan tiket yang banyak
-          Gunakan tombol yang tepat agar lampu berhenti pada lampu yang kita inginkan
Ø  Manfaat :
-          Melatih kecepatan dan ketepatan
-          Malatih Konsentrasi
-          Mengembangkan koordinasi antara mata untuk melihat lampu yang berputar dengan gerakan refleks tangan yang harus menentukan memakai salah satu tombol
-          Melatih motorik kasar
Ø  Kekurangan :
Permainan ini tidak cocok untuk anak usia dibawah 9 tahun, karena membutuhkan suatu konsentrasi atau fokus untuk mendapatkan angka tertinggi. Tinggi tombol mencapai 140 cm dan layar yang berisi angka mencapai 175 cm. Jadi terlalu tinggi untuk anak dibawah 140 cm, selain itu terdapat target untuk  mendapatkan tiket yang banyak. Sedangkan anak-anak biasanya bermain hanya fokus pada kesenangan saja.


Tidak ada komentar: